The Comeback of Z-Chen 張智成
Teks oleh Frans Margo Leo
Foto istimewa



Setelah vakum selama 3 tahun, Zhang Chen atau yang lebih sering dikenal dengan Z-Chen akhirnya kembali ke panggung dunia biduan sekaligus meluncurkan album terbarunya, Secret Love.

Aplaus beruntung didaulat sebagai media lokal pertama yang mempublikasikan karyanya ini. Berikut adalah cuplikan wawancara eksklusif dengan penyanyi pencetak hits Bao You Wo (保佑我), May I Love You, dan Ling Chen San Dian Zhong (凌晨三点钟).

Setelah fans menanti selama tiga tahun, akhirnya anda kembali ke dunia musik, apa yang sebenarnya mendorong anda membuat keputusan ini?
Sekitar bulan April 2008, saya ikut berperan dalam teater musikal Wo Yao Cheng Ming. Sebelum naik ke atas pentas, saya tidak lagi demam panggung dan merasa cukup fit untuk bisa bernyanyi dan menari. Sedari dulu, rasa rileks inilah yang selalu saya cari-cari. Waktu itu, saya berkata dengan pasti, “Saya mau kembali karena saya sudah siap.” Selain itu, dukungan moril para fans yang tetap meninggalkan banyak pesan di blog sangat memotivasi saya. Mereka juga aktif menghadiri acara yang di dalamnya saya turut berpartisipasi. Jadi, sudah saatnya saya balas budi kepada mereka.

Jadi, apa yang anda lakukan selama tiga tahun vakum?
Sejak akhir tahun 2006, saya mulai beristirahat. Saat itu, saya ingin mencoba hal-hal yang lain hingga saya menerima tawaran kerja sebagai penyiar radio dan DJ (Disc Jockey) tiap weekend selama empat bulan. Setelah itu, saya melancong ke Amerika. Lalu, saya kepikiran bahwa sejak berumur limabelas tahun, saya sudah belajar di luar negeri dan tidak pernah tinggal di rumah lebih dari sebulan. Akhirnya saya pulang dan menghabiskan waktu bersama keluarga selama tiga bulan. Saya melewati hari-hari saya dengan santai sembari mencari teman-teman masa lalu di Malaysia. Lalu, saya menerima tawaran drama panggung pada bulan Agustus 2007. Selepas itu, saya bertualang lagi ke AS, Australia, dan Hong Kong.

Jadi, apa sumbangan ‘meditasi’ selama tiga tahun ini untuk anda?
Begini, meskipun selama berkarier mulai dari tahun 1999-2006, saya sebenarnya merasa tidak terbiasa dengan lingkungan demikian, terutama dalam hal mengontrol emosi. Walau karier saya membuahkan hasil yang bagus, tetapi setiap hari saya jalani dengan mood yang jelek. Saya merasa kesepian dan tidak ada cara bagi saya untuk melampiaskan perasaan. Jadi saya tinggalkan dunia itu untuk menenangkan diri, merenung, dan mencari jati diri. Menyanyi sebenarnya kegiatan yang menyenangkan, tetapi sebelum 2007, saya benar-benar tidak tahu kemana arah hidup saya. Jadi, saya rasa proses mencari jati diri adalah poin terpenting.

Tiga tahun yang lalu anda merasa tidak terbiasa dengan dunia entertainment. Apakah sekarang anda telah siap?
Tentu saja, kalau tidak saya tidak akan kembali (sambil tertawa). Saya sudah melakukan banyak persiapan, seperti pertunjukkan keliling di pub. Lambat laun saya kembali pada posisi sebagai penyanyi. Beda dengan dulu, dulu saya tidak terbiasa, tetapi sekarang, setiap hari dan setiap hal yang saya lewati telah dipersiapkan dengan matang.

Di To Love Or Not To Love, anda bekerjasama dengan tiga komposer untuk menulis liriknya. Nah, apakah kedepannya anda akan mencoba menjadi penulis lirik juga?
Umm… kalau saya tidak malas (sambil tertawa). Lalu, ada inspirasi dan kesempatan untuk menuliskannya. Misalnya, di album pertama, lagu Wang Nian dan I Need Love, dan beberapa di antaranya lagi merupakan bukti partisipasi saya, tetapi setelah itu, saya jarang menulis lagi. Begini, pemikiran saya, kalau ada banyak orang di luar yang lebih bagus, mengapa saya tidak mengandalkan kemampuan mereka. Saya rasa saya cukup menjalankan bagian menyanyi dengan bagus saja. Kadang saya melihat ada penyanyi yang juga merangkap sebagai komposer, tapi banyak yang hanya main-main saja. Sekarang saya rasa belum cukup bagus. Kalau ke depannya ada perubahan lagi, ya, tidak tahu juga ya.

Z-Chen Secret Love Album Promo & Autograph Session

Z Chen or Zhang Zhi Cheng (张智成), born on 8 May 1973, is a Chinese-Malaysian singer that has successfully made his name recognized in the Taiwanese music industry. To some of his fans, he is known as "The Little Prince of R&B" (R&B小王子). Z Chen is popular with hits such as May I love You, Bao You Wo (保佑我), Ling Chen San Dian Zhong (凌晨三点钟), Easy Come Easy Go, I Need Love, and many more. Z Chen's new album "Secret Love" released on his 10th anniversary of his existence in Mandarin music industry. This album contains his last single "Enchanted", most known as Mi Hun Zhen (迷魂阵).

Time & Venue
Sunday, 14 June 2009. 05.00 pm.
Ballroom Grand Swiss-bel Hotel, Medan.
* Only original CD with Aplaus sticker will be allowed for the autograph session

For Further Information
By Phone
+6261 76583711
+6261 765 837 22
By email
按此寄送E-Mail给contact@aplausentertainment.com

arrow
arrow
    全站熱搜

    zchen09tw 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()