close

 Z-Chen: The Prince of R’n B Is Back!


{Indonesia/Aplaus The Lifestyle} Teks oleh Frans Margo Leo / Foto 28Stage

Tembang May I Love You menjadi salah satu pembuktiannya sebagai penyanyi yang patut diperhitungkan di jagat Mandarin Pop. Kini, setelah 3 tahun vakum, ia kembali lagi berkarya di blantika musik Asia, khususnya lewat jalur R’nB.

PUBLIK juga mengenal penyanyi kelahiran Malaysia tahun 1973 ini lewat beberapa tembang tersohor lainnya seperti Bao You Wo (保佑我) dan Ling Chen San Dian Zhong (凌晨三点钟). Comeback-nya di tahun ini juga sekaligus menandai 10 tahun karier solonya sebagai penyanyi yang sangat berbakat. Mari perkenalkan, dia adalah Zhang Zhi Chen (Z-Chen), sang Pangeran R’nB!

Tahun 1996, Z-Chen yang bernama asli Zhang Zhi Cheng (張智成) mencuri perhatian setelah memenangkan kontes menyanyi yang cukup populer di Malaysia, QiXing. Selepas itu, di tahun 1999, Z-Chen merintis anak tangga pertamanya di dunia musik lewat single Sheng In. Sungguh, single ini membuat setiap pendengar mulai mengenal kekuatan vokal Z-Chen yang sangat prima, cemerlang, dan kemudian tidak pernah mengecewakan di setiap single dan album yang berikutnya.

Barulah pada tahun 2001, sepupu biduanita Fish Leong(梁靜茹) ini akhirnya menelurkan album pertama, Ming Zi (名字), yang mendapat respon yang sangat baik di pasar Malaysia, terutama untuk beberapa tembang yang menjadi hits, seperti Easy Come Easy Go dan I Need Love. Album ini meraih beberapa prestasi emas yang terkait dengar performanya yang apik. Album ini juga mengantarnya menuju anak tangga kesuksesan lainnya. Setahun kemudian, ia berhasil mendapat kontrak dari HIM, International Music untuk memulai debut di Taiwan.

Di sinilah, Z-Chen mulai merengkuh puncak karier sebagai penyanyi kelas-A plus mulai mempunyai basis fans yang konsisten. Album May I Love You meledak di pasaran dan Z-Chen diganjar beberapa penghargaan, seperti Malaysia’s Most Popular Male Singer Award dari Golden Reds, The Best New Bronze Man dari Hong Kong TV8, ‘One of the 5 Best Album’ versi Wave Radio, dan ‘Top Ten Hits’ versi Entertainment Associaton of Malaysia. Beberapa tembang unggulan dari album ini a.l. May I Love You, Perfect, dan Butterfly Lovers.

Kegemilangan Z-Chen rupanya masih berlanjut di tahun 2003. Dengan hebatnya, ia menelurkan 2 album dalam setahun (sesuatu yang jarang bisa dilakukan oleh penyanyi papan atas sekalipun). Di Maret, 3 a.m(凌晨三点钟)diluncurkan dan tepat di Desember, Z-Chen kembali mempersembahkan Listen To Me. Beberapa torehan yang membanggakan bagi Z-Chen a.l. Top Ten Singers di Malaysia, Most Populer Male Singer di Malaysia versi Golden Award, dan nominasi Best New Artist dari Golden Melody Award.

Berbagai keberhasilan ini kemudian mendorong Z-Chen merilis album kompilasi Z-Chen’s Greatest Hits di tahun 2004 sebelum kemudian secara konsisten memanjakan penggemar dengan Happiness(快樂)dan Love Tree(愛情樹)berturut-turut di tahun 2005 dan 2006. Salutnya lagi, selain di atas panggung, Z-Chen juga aktif di teater, seperti di Godot, I Want To Be Famous, bintang tamu di serial Taiwan, Vanilla Lovers Museum, dan The Rose.

http://www.aplausthelifestyle.com/result_detail.php?id=889&index=13&page=1&page_comment=


Secret Love Review

[Z-Chen] Z-Chen telah beranjak dari masa lalunya dan menumpahkan energi barunya di album terbaru ini. “Persiapan untuk album ini sangat lama. Sebenarnya, lagu pertama sudah masuk sejak 2007 lalu, tetapi siapnya baru sekarang. Selama ini, prosesnya memang menemui banyak rintangan. Kadang ketika merasa belum siap, saya akan berhenti dulu, lalu mencari unsur-unsur yang bagus, menerima banyak lagu dan disaring lagi. Jadi, semuanya butuh waktu,” ucap Z-Chen yang dihubungi Aplaus beberapa pekan yang lalu.

Z-Chen pun langsung menghentak di nomor pertama, Enchanted(迷魂陣), yang kental dengan R’nB plus aransemen dan kekuatan vokal yang tidak kalah dengan Cry Me A River atau Lovestoned/I Think She Knows ala Justin Timberlake.

“Memang, sejak mulai bernyanyi, R’nB adalah salah satu ciri khas saya. Waktu saya ke Taipei-lah, saya mendapat julukan Prince of R’nB. R’nB memang menarik. Ada tempo dan unsur blues-nya sehingga kita bisa punya banyak teknik menyanyi yang kreatif,” ucap Z-Chen dengan mantap.

Di tembang selanjutnya, Z-Chen mengajak pendengar downstream di lagu mellow dan chick, yaitu It’s Time To Love(愛來的剛好) dan Secret Love(暗戀). Kalimatnya yang puitis ditambah melodinya yang begitu ranum dan vokal yang halus menguatkan citranya sebagai lagu spesialis pencipta atmosfer romantis.

Khusus untuk Secret Love, Z-Chen langsung berkolaborasi dengan komposer besar Peng Xue Bin(彭學斌). Kata Z-Chen, “Dia guru dan teman saya yang paling berarti selama saya berkarir. Ming Zi(名字), salah satu lagu di album pertamanya adalah hasil gubahannya sendiri. Memang setelah berkarier di Taiwan, ada juga lagu dia, tetapi tidak ada satu pun yang dipromosikan secara khusus. Jadi, saya sering merasa bersalah. Semua lagu yang ia berikan itu bagus hingga kali ini saya menerima Secret Love, yang menurut kami bagus, menjadi tembang promosi utama.”

Untuk lagu yang lebih kuat kesan perjuangan cintanya, anda boleh mendengar Love and Punishment(愛與罰), Pieces of Love(殘骸), dan The Key of Love (bonus track) sambil membayangkan betapa sulitnya untuk membahagiakan cinta dan pasangan kita, tetapi semuanya tentu tidak akan sia-sia. Sisa tracks lainnya seperti Party of Four(第四者) dan To Love Or Not To Love(可愛可不愛) lebih berkesan ringan dan easy-listening, tetapi tidak melupakan unsur kidung amornya yang memabukkan. Z-Chen sendiri mengaku, “Saya tidak terlalu membatasi diri di tipe lagu tertentu. Pokoknya, tidak sesuai aturan main deh. Saya rasa ’tidak mengikuti aturan main’ adalah ciri khas album ini.”

Yang menariknya lagi, kali ini, Z-Chen mencoba menulis liriknya sendiri yang bekerjasama dengan musisi lainnya, semisal di To Love Or Not To Love(可愛可不愛). Z-Chen bercerita, “Tembang ini adalah hasil karya Yi Jie Qi (易桀齊). Awalnya saya tidak begitu antusias untuk berkreasi sendiri di sini karena saya rasa sudah cukup sebagai produser. Namun, saya mendapat sedikit inspirasi dan mulai menulis liriknya dibantu Peng Xue Bin(彭學斌).”

Kesimpulannya, Z-Chen memang telah kembali, bahkan ia lebih baik dari sebelumnya. Musikalitas Secret Love(暗戀) lebih kaya dibanding yang sebelumnya dan bersamaan dengan momen 10 tahun perjalanan kariernya, Z-Chen pun turut menjadi produser atas albumnya sendiri. Katanya, “Memang biaya pembuatannya sebagian dari saya dan sebagian lagi adalah hasil investasi dari teman-teman. Tapi, bukan karena ada harapan tertentu, maka saya berinvestasi. Saya hanya tidak ingin menunggu proses birokasi perusahaan rekaman yang menurut saya kadang terlalu berbelit. Jadi saya mau mulai sendiri. Asal semua orang suka dengan lagu saya, itu sudah merupakan hasil yang paling bagus.”

Fans’ Corner
Anda bisa mendapatkan album terbaru Z-Chen, ’Secret Love’ dengan menghubungi rumah Aplaus di nomor (061) 7658 3711 atau (061) 7658 3722.

http://www.aplausthelifestyle.com/result_detail.php?id=889&index=13&page=2&page_comment=
arrow
arrow
    全站熱搜

    zchen09tw 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()